Pasar Internasional
- PEMASARAN DOMESTIK
Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di lingkungan setempat.
- PEMASARAN INTERNASIONAL
Penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusaahaan kepada konsumen di berbagai negara
- PEMASARAN ASING
Kegiatan pemasaran di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan asalnya
PEMASARAN INTERNASIONAL
TAHAP PERUSAHAAN DI PASAR DUNIA
- PERUSAHAAN DOMESTIK
Perusahaan yang memfokuskan orientasi dan strateginya pada pasar, pemasok, dan pesaing domestik
- PERUSAHAAN INTERNASIONAL
Perusahaan yang melayani pasar domestik de negaranya sendiri dan pasar nasional di negara lain. Orientasi bisnisnya bersifat Etnocenric (Domestik primer, Internasional sekunder)
- PERUSAHAAN MULTINASIONAL
Perusahaan yang menjual produknya ke banyak negara, yang setiap negara di perlakukan pasar yang berbeda. Orientasi policentic (pasar di negara lian unik – program independen)
- PERUSAHAAN GLOBAL/TRANSNASIONAL
Perusahaan yang memperlakukan dunia sebagai satu pasar, dasar pemikirannya bahwa pasar dunia bergerak ke arah keseragaman. Orientasi bisnisnya (geocentric)
PEMASARAN INTERNASIONAL
MOTIVASI MASUK PASAR INTERNASIONAL
- Mendapat akses customer baru
- Mendapat akses sumber daya baru/lain
- Membagi resiko bisnis berkat market-base yang lebih luas
- Mencapai lower cost
PEMASARAN INTERNASIONAL
CARA MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL
- Ekspor
Meliputi ekspor tidak langsung dan ekspor langsung
- Lisensi
Meliputi: franschise (waralaba), kontrak manajemen, kontrak manufakturing.
- Joint Venture
- Investasi Langsung
PEMASARAN INTERNASIONAL
SEGMENTASI PASARAN INTERNASIONAL
- Mengembangkan taksonomi pasar dunia
- Mengelompokkan semua negara kedalam kelompok-kelompok homogen yang memiliki karakteristik sama
- Menentukan metode yang paling efisien untuk melayani segmen
- Memilih kelompok yang memiliki kesesuaian tertinggi antara kemampuan perusahaan dengan persyaratan kelompok tersebut
- Menyesuaikan klasifikasi ideal diatas dengan hambatan dalam pasar dunia (hukum, politik, dsb)
PEMASARAN INTERNASIONAL
KRITERIA SEGMENTASI
LEVEL MAKRO | LEVEL MIKRO |
Ekonomi | Kepribadian |
Demografi | Karakteristik Budaya |
Teknologi | Gaya Hidup |
Struktur Industri | Sikap, selera, atau Kecenderungan |
Lokasi geografis | |
Politik |
PEMASARAN INTERNASIONAL
5 STRATEGI ADAPTASI PRODUK DAN KOMUNIKASI
- Product-communication extension
- Product extension, communication adaptation
- Product adaptation, communication extension
- Dual adaptation
- Product invention
PEMASARAN INTERNASIONAL
MASALAH SEPUTAR KEBIJAKAN HARGA
- Dumping (Sporadis, predatori, persisten, unintentional)
- Transfer Price
- Price Escalation
- Grey Market
PEMASARAN INTERNASIONAL
KONSEP 5C (THE BORDERLESS WORLD)
- CUSTOMER
- COMPETITION
- COMPANY
- CURRENCY
- COUNTRYhttp://aspiandi.wordpress.com/2009/06/01/pengertian-pengertian-pemasaran-internasional/