Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah semua barang dan jasa yang disediakan oleh alam langsung, tanpa campur tangan manusia. Sumber daya ini sangat penting bagi pembangunan manusia, yang memungkinkan untuk mencari makanan, menghasilkan energi dan bertahan dalam hidup.

Untuk ekonomi , sumber daya selalu terbatas dengan kebutuhan tak terbatas manusia . Jadi perekonomian adalah ilmu dan seni yang ditujukan kepada manajemen yang tepat dari sumber daya tersebut.

Dalam hal sumber daya alam, mungkin tidak lepas apabila kita berbicara tentang dua jenis sumber daya alam yaitu: sumber daya tak dapat diperbaharui, yang pasti akan berakhir di beberapa titik karena tidak dapat kembali terjadi (seperti minyak atau pertambangan), dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui (yang bisa regenerasi , asalkan pemakaian tidak berlebihan, seperti hutan).

Konsep-konsep ini memungkinkan kita untuk memahami mengapa sumber daya alam harus digunakan dengan sebaik baiknya dan Kontrol yang baik. Misalnya Berburu Harimau, hal ini dapat memusnahkan sumber daya alam. Jika pembunuhan harimau dilakukan secara berlebihan, maka kemungkinan dalam jangka yang panjang, spesies harimau akan punah.

Dalam kasus-sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui, kita berbicara tentang cadangan. Setelah cadangan telah dikonsumsi, tidak ada cara untuk mendapatkan kembali sumber daya itu karena tidak dapat diproduksi, ditanam atau regenarasi.

Nilai ekonomi sumber daya tak dapat diperbaharui sering dikaitkan dengan kelangkaan sumber dayadan permintaan. Ketika ada beberapa cadangan sumber daya yang langka, maka akan terjadi kenaikan harga terhadap sumber daya tersebut.