Software

Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer.

Software adalah istilah umum untuk berbagai jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan perangkat terkait. (Hardware Istilah menggambarkan aspek-aspek fisik dari komputer dan perangkat yang terkait.)

Software dapat dianggap sebagai bagian variabel dari sebuah komputer dan perangkat keras bagian invariabel. Software sering dibagi menjadi perangkat lunak aplikasi (program yang melakukan pekerjaan secara langsung pengguna tertarik pada) dan perangkat lunak sistem (termasuk sistem operasi dan program yang mendukung aplikasi perangkat lunak). Istilah middleware kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan pemrograman yang menjadi perantara antara perangkat lunak aplikasi dan sistem atau antara dua macam perangkat lunak aplikasi (misalnya, mengirimkan permintaan kerja jarak jauh dari aplikasi di sebuah komputer yang memiliki satu jenis sistem operasi untuk aplikasi di komputer dengan sistem operasi yang berbeda).

Tambahan dan sulit-untuk-mengklasifikasikan kategori dari perangkat lunak adalah utilitas, yang merupakan program yang sangat berguna kecil
Pelajari Lebih Lanjut

* Sumber Daya SOA
* Aplikasi server dan platform layanan Web
* SOA strategi

dengan kemampuan terbatas. Beberapa utilitas datang dengan sistem operasi. Seperti aplikasi, utilitas cenderung secara terpisah diinstal dan mampu digunakan secara independen dari sisa sistem operasi.

Applet adalah aplikasi kecil yang kadang-kadang datang dengan sistem operasi sebagai “asesoris.” Mereka juga dapat dibuat secara mandiri menggunakan Java atau bahasa pemrograman lain.

Software dapat dibeli atau diperoleh sebagai shareware (biasanya ditujukan untuk dijual setelah masa percobaan), liteware (shareware dengan beberapa kemampuan dinonaktifkan), freeware (gratis perangkat lunak namun dengan pembatasan hak cipta), perangkat lunak public domain (gratis tanpa pembatasan), dan terbuka source (software dimana kode sumber dilengkapi dan pengguna setuju untuk tidak membatasi distribusi perbaikan).

Software ini sering dikemas dalam CD-ROM dan disket. Hari ini, banyak membeli perangkat lunak, shareware, dan freeware-download melalui Internet. Sebuah tren baru adalah perangkat lunak yang dibuat tersedia untuk digunakan di situs lain yang dikenal sebagai penyedia layanan aplikasi.

Beberapa jenis umum perangkat lunak aplikasi meliputi:

* Produktivitas perangkat lunak, yang meliputi pengolah kata, spreadsheet, dan alat untuk digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer
* Perangkat lunak presentasi
* Graphics perangkat lunak untuk desainer grafis
* CAD / CAM software
* Khusus ilmiah aplikasi
* Vertikal pasar atau industri perangkat lunak khusus (misalnya, untuk perbankan, asuransi, ritel, dan lingkungan manufaktur)

Firmware atau microcode adalah pemrograman yang dimuat ke area khusus pada mikroprosesor atau memori hanya untuk dibaca dalam waktu satu atau dasar jarang terjadi sehingga selanjutnya tampaknya menjadi bagian dari perangkat keras.

Sumber: http://worldfriend.web.id/pengertian-software-